Pages

Senin, 17 November 2014

EXTRACT, TRANSFORM, LOADING (ETL) (Meet-08)

ETL adalah kumpulan proses menyiapkan data dari operational source untuk datadata-1. Proses ini terdiri dari extracting, transforming, loading, dan beberapa proses yang dilakukan sebelum dipublikasikan ke dalam data warehouse. Jadi, ETL atau extract, transform, loading adalah fase pemrosesan data dari sumber data masuk ke dalam data warehouse. Tujuan ETL adalah mengumpulkan, menyaring, mengolah dan menggabungkan datadata yang relevan dari berbagai sumber untuk disimpan ke dalam data warehouse. ETL juga dapat digunakan untuk mengintegrasikan data.

Untuk melakukan proses integrasi ini Data Warehouse Architect menggunakan suatu aplikasi yang disebut ETL (Extract, Transform, Load).Sesuai dengan namanya, aplikasi ETL melakukan fungsi-fungsi Extract, Transform dan Load. Proses Extract adalah proses pengambilan data dari sumber data.

extract, karena proses pengambilan data ini tidak mengambil keseluruhan data yang ada di database operasional, melainkan hanya mengambil data-data matang saja. Proses Extract ini harus mengakomodir berbagai macam teknologi yang digunakan oleh sumber data dan diintegrasikan ke dalam databsae tunggal.

Kemudian data-data hasil extract ini menjalani proses transformasi yang pada prinsipnya adalah mengubah kode-kode yang ada menjadi kode-kode standard, misalnya kode propinsi. Hal ini perlu dilakukan mengingat data-data yang diambil berasal dari sumber yang berbeda yang kemungkinan memiliki standarisasi yang berbeda pula. Standarisasi diperlukan untuk nantinya memudahkan pembuatan laporan.Arsitektur Data Warehouse yang umum biasanya menempatkan satu server database terpisah yang disebut Staging yang berfungsi untuk menangani proses Extract dan Transform ini sebelum dilakukan proses Load ke tujuan akhir Data Warehouse.

Proses Load dalam ETL adalah suatu proses mengirimkan data yang telah menjalani proses transformasi ke gudang data akhir, yaitu Data Warehouse itu sendiri di mana aplikasi reporting dan business intelligence siap mengakses.Untuk memudahkan pembuatan report dan meningkatkan performance, struktur database dari suatu Data Warehouse biasanya berbentuk Star Schema. Disebut demikian karena bentuk ERD (Entity Relationshio Diagram) dari table-tablenya mirip Bintang (star).

referensi 
>http://informatika.web.id/category/data-warehouse/
>http://dessysapitri.blogspot.com/2011/05/apa-itu-etl.html
>http://kundang.weblog.esaunggul.ac.id/2013/09/17/extract-transform-loading/

0 komentar:

Posting Komentar