Pages

Sabtu, 18 Oktober 2014

Pemodelan Dimensional (Meet - 06)

Nah langsung aja,
Pemodelan dimensional adalah  teknik desain yang bertujuan untuk menyajikan data dalam  kerangka kerja standar yang intuitif dan memungkinkan untuk akses kinerja tinggi. Pada dasarnya model dimensional mengikuti entity-relationship modeling dengan beberapa pembatasan penting. Setiap model dimensional terdiri dari satu tabel dengan multipart key yang disebut tabel fakta, dan satu set tabel kecil yang disebut tabel dimensi. Setiap tabel dimensi memiliki primary key yang sesuai persis dengan salah satu komponen multipart key dalam tabel fakta.

Sedangkan yang dimaksud dengan tabel fakta dan tabel dimensi, yaitu :
  • Tabel fakta (fact table) adalah tabel yang umumnya mengandung sesuatu yang dapat diukur (measure) seperti harga, jumlah barang, dan sebagainya. Tabel fakta juga merupakan kumpulan foreign key dari primary key yang terdapat pada masing-masing tabel dimensi. Tabel fakta juga mengandung data yang bersifat historis.

tabel fakta

  • Tabel dimensi (dimension table) adalah tabel yang berisi detail yang menjelaskan foreign key yang terdapat pada tabel fakta. Atribut yang terdapat pada tabel dimensi dibuat secara berjenjang (hirarki) untuk memudahkan proses query.
tabel dimensi


Star Schema
Disebut star schema karena Entity Relationship Diagram atau ERD-nya yang menyerupai bintang, tabel fakta berada di tengah dengan dikelilingi tabel dimensi di sampingnya.
star skema


Snowflake Schema
adalah struktur logical yang memiliki tabel fakta , dan dikelilingi dengan tabel dimensi , tetapi tabel dimensi utama diperbolehkan memiliki dimensi lain.
snowflake skema


Starflake Schema
Adalah gabungan dari star schema dan snowflake schema yang digunakan saat dalam situasi sulit untuk merestrukturasi semua entitas menjadi satu set dimensi yang berbeda.
\
starflake skema


Kelebihan dan kekurangan masing-masing skema


Referensi
  • http://yoyonb.wordpress.com/2009/11/24/apakah-dimensioanal-modeling-dm/
  • http://aditiyagita.com/business-intelligence/data-warehouse/pengertian-dimensional-modelling/\
  • http://levinbosz.wordpress.com/2014/01/02/star-schema-dan-snowflake-schema-baru/
  • http://pic.dhe.ibm.com/infocenter/idm/docv3/index.jsp?topic=%2Fcom.ibm.datatools.dimensional.ui.doc%2Ftopics%2Fc_dm_schema_starflake.html
  • http://en.wikipedia.org/wiki/Snowflake_schema




0 komentar:

Posting Komentar